Facebooker Indonesia No 2 di Dunia


Hampir semua kalangan di tanah air mengenal layanan jejaring sosial seperti facebook, blog atau twitter. Mengutip kajian resmi yang dirilis yahoo pada 10 Oktober 2010, tokoh nasional blogger Endah Nasution mengungkapkan bahwa saat ini pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat secara drastis.

‘’Bahkan hari ini, Indonesia yang semula menduduki peringkat ke 3 menjadi peringkat ke 2 sebagai negara dengan pengguna facebook terbesar di dunia. Pengguna facebook di Indonesia mencapai 27 juta orang. Dan pengguna twitter di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia dengan pengguna hampir 2,4 juta orang,’’ ungkap Endah saat menjadi pembicara dalam ASEAN Regional Media Workshop, Sabtu (9/10) di Ambon.

Pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 46 juta pengguna atau 15 persen dari total populasi rakyat Indonesia. Diperkirakan Endah, dengan melihat perkembangan pengguna internet yang meningkat lebih dari 2000 persen dibandingkan sejak tahun 1999, maka pada tahun 2014 mendatang diperkirakan pengguna internet di tanah air bisa mencapai 150 juta pengguna.

‘’Dengan peningkatan lebih dari 40 persen setiap tahunnya, maka media internet ini dalam waktu dekat bisa merubah dunia informasi tanah air bahkan dunia. Jumlah ini mewarnai Indonesia dan negara lainnya. Apalagi di Indonesia, didukung oleh keterbukaan informasi dan kebebasan menyatakan pendapat,’’ kata Endah.

Endah mengatakan, ada banyak hal yang menjadikan Indonesia ibarat taman jamur bagi pengguna jejaring sosial di media internet. Salah satunya, hubungan sosial masyarakat Indonesia yang dinilai sangat kuat bila dibandingkan dengan masyarakat dunia lainnya.

‘’Yang terjadi, pandangan media masyarakat kita sekarang sudah mulai berubah. Masyarakat tidak lagi menjadi konsumen tapi juga ingin ikut menjadi produsen. Bukan lagi sekedar membaca tapi juga ingin ikut berpartisipasi dibaca. Inilah yang menjadikan Facebook dan twitter penggunanya terus meningkat di Indonesia,’’ kata Endah. (jpnn)

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu