Dana BOS Pamekasan Cair Minggu Ini


Bantuan operasional sekolah (BOS) bagi lembaga SD dan SMP di kabupaten pamekasan dipastikan cair dalam minggu ini.

Kepastian itu disampaikan Kepala Bidang TK-SD Dinas Pendidikan Pemkab Pamekasan, Salah Samlan. Menurut Salah Samlan, dana BOS sebesar Rp 10 miliar minggu ini sudah bisa dicairkan bagi masing-masing lembaga sekolah di pamekasan.

Apalagi, pekerjaan rencana kegiatan anggaran oleh masing-masing sekolah sudah mulai rampung. Meski begitu, pencairan dana BOS untuk tingkat SD-SMP untuk tahun ini mengalami perubahan sistem.

"Jika tahun sebelumnya pengalokasian dana dari pemerintah pusat disalurkan langsung ke rekening sekolah, saat ini masuk dulu melalui kas daerah di masing-masing kabupaten dan kota," katanya.

Sebelumnya, dari beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur, kabupaten Pamekasan termasuk daerah yang masih belum mencairkan biaya operasional sekolah. Pasalnya, pelaksana pendidikan di Pamekasan, masih menunggu petunjuk teknis yang memiliki kekuatan hukum.

Sekretaris Disdik Pamekasan, Nur Qodim, mengakui, meski Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Menteri Dalam Negeri sudah mengingatkan agar dana BOS segera dicairkan, pihaknya belum berani.

"Masih sebatas di media saja dan belum ada petunjuk teknis yang memiliki kekuatan hukum," ujarnya.

Seperti diberitakan, Mendiknas dan Mendagri mengeluarkan edaran tentang pedoman dana BOS dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah 2011 yang berisi instruksi agar kepala daerah menyediakan BOS dari sumber APBD memasukkan program BOS dalam agenda audit pemerintah daerah dan menyediakan dana untuk pengawasan dan evaluasi BOS yang bersumber dari APBD.

Selain itu, Mendiknas dan Mendagri juga memanggil Sekretaris Daerah tingkat provinsi agar mengingatkan pemerintah kabupaten dan Kota di Indonesia, agar segera mencairkan dana BOS. Sebab jika molor, hal itu dimungkinkan akan bebenturan dengan pelaksanaan ujian nasional.

Hingga saat ini baru 77 kabupaten/kota yang telah mencairkan dana BOS. Sementara, selebihnya sekitar 400 kabupaten/kota belum menyalurkan dana tersebut.[beritajatim.com]

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu