Rumah Bung Karno Laku Rp 35 Miliar


Istana Gebang yang merupakan rumah masa kecil presiden pertama RI, Soekarno (Bung Karno), di Jalan Sultan Agung 59, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, resmi terjual dengan harga Rp 35 miliar.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Blitar Hadi Maskun, Rabu (26/1/2011), mengemukakan, pemerintah daerah sudah membeli rumah itu melalui pertemuan dengan keluarga Bung Karno untuk menyepakati harga penggantian rumah masa kecil Bung Karno, yakni Rp 35 miliar.

"Sudah ada kesepakatan masalah penggantian rumah itu, nominalnya sama dengan yang direncanakan kemarin (Rp 35 miliar)," katanya.

Pemerintah kota juga sudah menganggarkan rencana pembelian rumah masa kecil Bung Karno tersebut.

Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2011 dialokasikan Rp 10 miliar. Anggaran itu diberikan pada pos Kantor Arsip Pemkot Blitar.

Selain itu, ia akan tetap menagih janji Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang rencananya juga akan mengalokasikan anggaran untuk penggantian rumah bersejarah tersebut.

"Kami tetap menagih janji dari pemerintah provinsi. Untuk APBD sendiri sudah dialokasikan Rp 10 miliar," ucapnya.

Untuk rencana pembayaran sendiri, lanjut dia, akan dilakukan dua tahap dan diselesaikan tahun 2011. Untuk tahap pertama pembayaran rencananya akan dilakukan sekitar Maret 2011 mendatang.

"Untuk tahap pertama rencana Maret nanti. Tapi, kami masih harus menunggu koordinasi lebih lanjut," ujarnya.

Rencana pembelian rumah yang sudah menjadi polemik sejak 2008 itu baru tahun 2011 dapat direalisasikan oleh pemerintah. Nominal harga Rp 35 miliar itu jauh lebih murah daripada tawaran pertama yang akan dijual Rp 50 miliar.

Keluarga sendiri memang merencanakan penjualan Istana Gebang yang luasnya hampir 1,4 hektar tersebut untuk perawatan cukup besar mencapai Rp 7-Rp 8 juta per bulan sehingga keluarga merasa keberatan dan menjualnya.

Bangunan Istana Gebang itu sendiri secara keseluruhan terdiri dari rumah utama, isinya adalah ruang tamu yang cukup luas dengan perabot kursi model lama dan beberapa meja, serta lemari kecil di sisi barat.

Selain itu, di dalam bangunan itu juga terdapat kamar tidur, tempat Bung Karno beristirahat.

Di dalam kamar tempat Bung Karno beristirahat ada foto Bung Karno sedang sungkem kepada ibunya. Banyak juga foto-foto masa kecil Bung Karno serta ibundanya.

Radio dan mesin ketik yang biasa digunakan aktivitas di rumah itu juga masih utuh. Semua aset yang berada di bangunan itu masih asli dan terawat dengan baik.

Lokasi bangunan itu sendiri tidak terlalu jauh dari makam Bung Karno sekitar 10 kilometer.[kompas.com]

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu