Bayi 900 Gram Lahir di Madiun


Seorang bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 900 gram lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban, Kabupaten Madiun. Bayi tersebut lahir pada Sabtu malam (29/1/2011) kemarin secara normal.

Dokter kandungan, Rony A.P, mengatakan, Bayi putri pertama pasangan Wiwik (20) dan Efendi (25) warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang memiliki panjang 30 centimeter ini lahir pada saat usia kandungan baru mencapai tujuh bulan atau 28 minggu.

"Kondisi bayi saat dilahirkan sangat kritis. Selain memiliki berat badan yang sangat kurang, bayi juga mengalami prematur, yakni lahir pada usia 28 minggu padahal normalnya yang mencapai 37-40 minggu," ujarnya Minggu (30/1/2011).

Rony menambahkan, saat ini bayi perempuan yang belum memiliki nama tersebut, masih dirawat intensif dan ditempatkan dalam inkubator guna menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghindari infeksi. Karena dengan usia kandungan dan berat badan yang kurang tersebut bayi bisa terkena hipotermia jika tidak ditempatkan dalam ruang hangat.

Menurut dr Rony, saat dilahirkan, bayi juga mengalami "Asfiksia", yakni, keadaan dimana bayi baru lahir tidak dapat bernapas secara spontan dan teratur. Hal tersebut terlihat bayi tidak menangis selama 30 menit saat lahir.

"Saat dilahirkan bayi sempat tidak menangis selama kurang lebih 30 menit. Selain itu, apgar score atau kondisi kesehatan bayi baru lahir pada bayi malang ini hanya 3-5 saja. Padahal nilai normalnya adalah slaka 8-10," tutur Rony.

Rony menjelaskan, bayi memiliki berat abnormal disebabkan karena selama mengandung ibu bayi tidak memperhatikan nutrisi atau asupan gizi sehingga pertumbuhan bayi di dalam kandungan kurang baik. Atau karena selama mengandung ibu bayi memiliki penyakit bawaan seperti darah tinggi, sehingga mempengaruhi kondisi kandungannya.

Sementara itu, ibu sang bayi, Wiwik, mengaku tidak menyangka jika anaknya akan lahir dengan berat badan abnormal. Selama mengandung ia merasa telah memeriksakan kandungan dengan baik.

"Kemarin, tiba-tiba perut saya sakit dan langsung dilarikan ke rumah sakit ini. Saya tidak menyangka akan melahirkan sekarang, pasalnya usia kandungan baru tujuh bulan. Bahkan kami baru saja mengadaan acara syukuran tujuh bulanan. Ya semoga anak saya bisa sehat dan berumur panjang," ujar Wiwik. [beritajatim.com]

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu