Terus Membaik, Gaji Karyawan Merpati Dibayar Penuh


Keuangan PT Merpati Nusantara Airlines terus menunjukkan perbaikannya. Gaji karyawannya pun kini dibayar penuh.

Sejak beberapa bulan ini, gaji karyawan yang biasanya dibayar dua kali, telah dibayar penuh karena pemasukan pendapatan telah membaik.

"Ini menjadi salah satu indikator membaiknya finansial Merpati," kata juru bicara Merpati, Sukandi di Jakarta, Selasa (5/10/2010).

Dalam empat bulan ke belakang, terangnya, keuntungan maskapai pelat merah tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup baik.

Menurutnya, peningkatan laba dirasakan pada Juni 2010 lalu di mana keuntungan tercatat mencapai Rp 5 miliar. Kemudian terus meningkat dan pada Agustus laba menjadi Rp 20 miliar.

"Ini adalah catatan terbaik di mana saat bulan Agustus adalah saat-saat low season, saat itu penumpang turun, tetapi laba kami malah naik," kata Sukandi.

Pada September lalu, dipastikan terjadi peningkatan signifikan mengingat bulan itu hampir semua airline berjadwal mengalami panenan penumpang mudik Lebaran.

"Kita belum tahu, tetapi ada peningkatan. Dan posisi Merpati sudah stabil," ujarnya.

Dijelaskannya, manajemen Merpati terus melakukan efisiensi terhadap biaya operasional korporasi sehingga bisa menghemat dana sebesar 10 persen hingga 12 persen.

"Utang current seperti ke Pertamina dan vendor lainnya yang bisa diperkecil, sehingga kami bisa membayarnya. Demikian juga dengan lessor pesawat yang sewanya dibayar ulang," ujarnya.

Sebagai contohnya, kredit penggunaan BBM dari Pertamina, sebesar Rp 200 miliar telah dibayar penuh bersama utang lain sebelumnya. Biaya BBM dengan lessor memakan dana sebesar 40 persen biaya operasional korporat.

Dengan tren yang terus meningkat, maka laba Merpati tahun ini dipastikan akan meningkat. Disebutkannya, pada 2009 lalu Merpati mencapai keuntungan bersih sebesar Rp 5 miliar.

"Tahun ini kami bisa menargetkan keuntungan sebesar Rp 10 miliar per bulan," tandasnya.

Saat ini Merpati mengoperasikan 22 unit pesawat yaitu sembilan unit Boeing 737 seri 300, 400 dan 500, dua Boeing 737-200, dua Fokker 100, dua MA-60, dua Cassa dan empat Twin Otter.

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu