Kunyit Bisa Membunuh Sel Kanker


Kunyit, selain ampuh untuk membersihkan darah kotor dan penyakit maag, ternyata juga berkhasiat tinggi untuk membunuh sel kanker. Bukti ini berdasarkan riset terbaru para ilmuwan di Inggris yang tengah melakukan penelitian khasiat ekstrak berbahan dasar kunyit yang terdapat dalam makanan kari pedas. Dugaan awal menyebutkan ekstrak tersebut berpotensi membunuh sel kanker.

Ekstrak itu bekerja pada 24 jam pertama sejak dikonsumsi. Bahan kimia ini yang disebut “curcumin” telah lama diketahui memiliki daya memulihkan tenaga dan telah dites sebagai cara pengobatan radang sendi dan kepikunan. Meskipun masih dalam skala laboratorium, tes oleh tim dari Cork Cancer Research Centre menunjukkan daya hancur curcumin terhadap sel-sel kanker kerongkongan.

Sejumlah ahli kanker menyebutkan, temuan yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer tersebut dapat membantu para dokter menemukan cara pengobatan di luar model pengobatan sekarang.

Seorang anggota tim peneliti, Dr Sharon McKenna, mengakui bahwa para peneliti telah lama tahu potensi bahan-bahan alami yang menyembuhkan sel-sel yang salah, seperti curcumin.

Dokter di Inggris berharap pada temuan yang lebih maju untuk mengobati kanker kerongkongan. Setiap tahun sekitar 7.800 orang didiagnosis kanker kerongkongan di Inggris. Kanker jenis itu menjadi enam besar kanker mematikan atau sekitar 5 persen dari angka kematian di Inggris. Dari sudut pandang sumber daya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tanaman herbal berpotensi obat melimpah.

Selain mampu membunuh sel kanker, kunyit yang diolah menjadi jamu dengan ditambah ramuan lainnya seperti asam dll, bisa pula menjadi obat pembersih darah kotor terutama bagi para wanita selepas menstruasi. Kunyit juga bermanfaat untuk orang-orang yang menderita maag dengan cara memarutnya dan kemudian diperas lalu diambil airnya untuk diminum secara rutin dengan ditambah gula merah dan kalau perlu asam.

Sejak dulu, kunyit kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Masyarakat dulu lebih suka menggunakan ramuan jamu yang mencakup kunyit dalam menyembuhkan penyakit ketimbang obat dokter.

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu