PVMBG : "Jangan Dekati Gunung Anak Krakatau"



Gunung berapi Anak Krakatau yan g masih aktif dielat Sunda. Anak Krakatau muncul sekitar tahun 1927 atau 44 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau (1883). Anak Krakatau muncul dari kawasan kaldera purba yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan. Setiap tahun bertambah tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Bandung, Jawa Barat, mengingatkan nelayan maupun wisatawan dilarang mendekati kawasan Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda setelah penetapan status "waspada".

"Kami mengimbau nelayan dan wisatawan agar tidak mendekati letusan Anak Krakatau karena sangat membahayakan terkena lontaran pijar," kata seorang petugas pos pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Jumono, melalui telepon, Senin (1/11/2010).

Jumono mengatakan, pihaknya kini memberikan rekomendasi radius dua kilometer dari titik letusan gunung berapi tersebut. Menurut dia, selama status Anak Krakatau "waspada" nelayan dan wisatawan hanya diizinkan dalam radius dua kilometer dari titik letusan.

Lontaran bebatuan lava yang suhunya mencapai 800 sampai 1.000 derajat celcius, menurutnya, sangat berbahaya. Orang yang terkena dipastikan meninggal. Dia menyebutkan, selama ini pesisir barat Provinsi Banten, pantai Anyer dan Carita, dinyatakan aman dan tidak terancam aktivitas kegempaan vulkanik Anak Krakatau.

"Saya menjamin pesisir Pantai Carita dan Anyer relatif aman dan tidak akan terjadi gelombang tsunami," ujarnya menjelaskan.

Dia menyebutkan, aktivitas kegempaan vulkanik Anak Krakatau masih fluktuatif dengan interval lima sampai 10 menit. "Dengan interval sebesar itu tentu masih berlangsung kegempaan vulkanik dalam dan dangkal, letusan, serta embusan," katanya.

Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Anak Karakatau di Desa Pasauran Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, sepanjang Minggu (31/10/2010) kegempaan vulkanik mencapai 585 kali.

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu