Waspada, Bercinta Pun Bisa Bikin Kram !


Terbangun dari tidur malam dengan otot betis mengalami kram tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Rasa nyerinya luar biasa, bahkan bisa membuat kita jalan terpincang-pincang di pagi hari. Uniknya, kejadian ini cukup sering kita alami.

Mengapa bagian yang paling sering terserang kram adalah kaki? Hal ini dikarenakan otot kaki merupakan jaringan paling energik. Selain itu, kaki juga menjadi penopang berat tubuh sehingga rentan mengalami tekanan yang berlebihan.

Ada 3 penyebab utama kram, yaitu:

1. Kekurangan mineral dan vitamin B

Salah satu fungsi vitamin B adalah menyediakan energi untuk pergerakan otot. Kalau kita kekurangan vitamin B, maka energi bagi otot pun ikut berkurang. Akibatnya terjadilah kram otot. Penyebab lainnya adalah kekurangan mineral, seperti zinc, kalsium, kalium, dan potasium.

2. Gangguan elektrolit dalam otot

Ini akibat kurangnya pemanasan sebelum olahraga. Akibatnya, sirkulasi darah di otot kurang lancar. Selain itu, hal tersebut bisa juga muncul karena penimbunan zat-zat sisa metabolisme dan kepanasan. Alhasil, terjadi tegangan atau kerutan otot yang hebat.

3. Kerja otot berlebihan

Misalnya, mengetik sambil tengkurap atau duduk sambil melipat kaki dalam waktu lama. Kram juga terjadi jika kita berolahraga terlalu berlebihan sehingga otot menjadi kaku dan tegang. Sementara itu, kram di daerah leher bisa terjadi karena kita terlalu lama menunduk.

Bercinta pun bisa bikin kram

Menjelang atau sesudah orgasme, banyak pasangan sering mengalami kram otot, baik di jari kaki, betis, maupun sekitar pangkal paha sehingga membuat gairah lenyap seketika. Menurut para ahli, kram otot ini bisa berhubungan dengan posisi tertentu. Misalnya, posisi menyamping sehingga otot-otot tertentu "menolak" atau bekerja lebih keras. Jika itu penyebabnya, maka coba ganti posisi. Kram juga bisa terjadi jika otot terlalu tegang. Cobalah bercinta lebih rileks dan mulailah selalu dengan foreplay sebagai pemanasan.

(Erma D.K./Majalah Chic)

digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit





Terkait




TERPANAS

 

Rekomendasi

Dunia Bayi dan Ibu

Gambar Unik dan Foto Lucu